PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 4 / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata
atau kalimat tentang التعريف بالنفس
II. Indikator :
1.
Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
2.
Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar.
III. Materi Pokok :
- Isim dlomir mufrod
- Kata tanya man dan hal.
- Pola kalimat :
- Mufrodat baru seperti:
أنا، أنتَ، أنتِ، هو، هى،
أحمد، فاطمة
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Mendengarkan pelafalan kosa kata baru .
o
Drill pelafalan kosa kata.
o
Tanya jawab tentang kata atau kalimat yang didengar.
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Tanya jawab,
ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 5
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan
Bentuk : Objektif
Instrumen : Model guru
VII. Skor Penilaian :
Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
·
Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 4 / 1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )
BERBICARA
I. Kompensasi Dasar :
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang التعريف
بالنفس
II. Indikator :
1.
Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang
tepat dan benar.
2.
Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan
dlomir dan namanya.
3.
Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
4.
Menjawab pertanyaan dengan tepat.
5.
Mendemonstrasikan materi hiwar
III. Materi Pokok :
- Isim dlomir mufrod.
- Kata tanya man,min dan hal.
- Teks hiwar seperti
- من أنتَ ؟
+ أنا أحمد
- من أنتِ ؟
+ أنا فاطمة
|
- صباح الخير
+ صباح النور
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Melafalkan materi hiwar dengan tepat dan benar secara
klasikal.
o
Melafalkan materi hiwar secara berpasangan
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Tanya jawab,
ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 9
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan
Bentuk : Objektif
Instrumen : Model guru
VII. Skor Penilaian :
Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Melafalkan kosa kata dan
kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
·
Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan
dlomir dan namanya.
·
Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
·
Menjawab pertanyaan dengan tepat.
·
Mendemonstrasikan materi hiwar
No comments:
Post a Comment