PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Performed by Elfa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 4 / 1
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )
MEMBACA
I. Kompensasi Dasar :
3.1 Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعريف بالنفس
II. Indikator :
1.
Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai
dengan tanda baca.
2.
Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
3.
Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
III. Materi Pokok :
1.
Isim dlomir mufrod.
2.
Kata tanya man,min
dan hal.
3.
Teks bacaan :
أنا صالح، أنا مِنْ مالانج
هو فريدٌ، هو مِنْ جاكرتا،
هى ليلى، هى مِنْ سورابايا
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Mempraktekkan cara-cara melafalkan huruf arab seperti ta’
dan tho’.
o
Menirukan pelafalan teks bacaan dengan benar dan tepat
sesuai dengan tanda baca.
o
Membaca secara individu teks bacaan secara bergantian.
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode :
Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 13
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan dan tulis
Bentuk : Objektif dan non
objektif
Instrumen : Model guru dan portofolio
VII. Skor Penilaian :
Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai
dengan tanda baca.
·
Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
·
Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 4 / 1
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )
MENULIS
I. Kompensasi Dasar :
4.1 Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang التعريف بالنفس
II. Indikator :
1.
Menyalin kalimat sesuai dengan contoh (khot).
2.
Menyusun huruf-huruf menjadi kalimat yang benar.
3.
Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
4.
Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosa kata
baru dan pola kalimat telah dipelajari
III. Materi Pokok :
1.
Isim dlomir mufrod.
2.
Kata tanya man,min
dan hal.
3.
Teks bacaan :
أنا صالح، أنا مِنْ مالانج
هو فريدٌ، هو مِنْ جاكرتا،
هى ليلى، هى مِنْ سورابايا
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o Menulis
contoh khot dalam buku atau LKS minimal 3x.
o
Mengerjakan latihan soal yang
telah disiapkan.
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Tanya jawab,
ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 15
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Tulis
Bentuk : Subjektif
Instrumen : portofolio/daftar ceklis
VII. Skor Penilaian :
Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menyalin kalimat sesuai dengan contoh (khot).
·
Menyusun huruf-huruf menjadi kalimat yang benar.
·
Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
·
Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosa kata
baru dan pola kalimat telah dipelajari
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment