Thursday, October 27, 2016

RPP Membaca dan Menulis



PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Performed by Elfa
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : 4 / 1
Standar Kompetensi   : 3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu                         : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )


MEMBACA

I. Kompensasi Dasar  : 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعريف بالنفس

II. Indikator                :
1.       Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
2.       Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
3.      Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
III. Materi Pokok        :
1.       Isim dlomir mufrod.
2.       Kata tanya man,min  dan hal.
3.       Teks bacaan :
أنا صالح، أنا مِنْ مالانج
هو فريدٌ، هو مِنْ جاكرتا،
هى ليلى، هى مِنْ سورابايا
IV. Langkah-langkah Pembelajaran     :

      A.  Kegiatan Awal            :
o   Appersepsi dan Absensi
o   Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o   Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan

      B.  Kegiatan Inti   :
o   Mempraktekkan cara-cara melafalkan huruf arab seperti ta’ dan tho’.
o   Menirukan pelafalan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
o   Membaca secara individu teks bacaan secara bergantian.
      C.  Kegiatan Akhir            :
o   Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi yang   sudah disampaikan
o   Memberikan Tugas latihan/PR
o   Doa/Penutup

V. Metode/Sumber Belajar :
     A.  Metode             : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
     B.  Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 13
  Model guru  

VI. Penilaian               :

Teknik             : Lisan dan tulis
Bentuk            : Objektif  dan non objektif
Instrumen        : Model guru dan portofolio

VII. Skor Penilaian     :

Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai

Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
·   Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
·   Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : 4 / 1
Standar Kompetensi   : 4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan diri.
Waktu                         : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

MENULIS

I. Kompensasi Dasar  : 4.1 Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang التعريف بالنفس

II. Indikator                :
1.       Menyalin kalimat sesuai dengan contoh (khot).
2.       Menyusun huruf-huruf menjadi kalimat yang benar.
3.       Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
4.      Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosa kata baru dan pola kalimat telah dipelajari
III. Materi Pokok        :
1.       Isim dlomir mufrod.
2.       Kata tanya man,min  dan hal.
3.       Teks bacaan :
أنا صالح، أنا مِنْ مالانج
هو فريدٌ، هو مِنْ جاكرتا،
هى ليلى، هى مِنْ سورابايا
IV. Langkah-langkah Pembelajaran     :

      A.  Kegiatan Awal            :
o   Appersepsi dan Absensi
o   Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o   Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
      B.  Kegiatan Inti   :
o    Menulis contoh khot dalam buku atau LKS minimal 3x.
o    Mengerjakan latihan soal yang telah disiapkan.
      C.  Kegiatan Akhir            :
o   Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi yang   sudah disampaikan
o   Memberikan Tugas latihan/PR
o   Doa/Penutup

V. Metode/Sumber Belajar :
     A.  Metode             : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
     B.  Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 4 karya Agus Wahyudi, materi halaman 15
  Model guru  

VI. Penilaian               :
Teknik             : Tulis
Bentuk            : Subjektif
Instrumen        : portofolio/daftar ceklis

VII. Skor Penilaian     :

Jumlah benar x 100 : jumlah soal = Nilai

Indikator Pencapaian Kompetensi
·   Menyalin kalimat sesuai dengan contoh (khot).
·   Menyusun huruf-huruf menjadi kalimat yang benar.
·   Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
·   Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosa kata baru dan pola kalimat telah dipelajari

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment