Wednesday, October 19, 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Arab




PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 Rencana Pelaksanaan pembelajaran merupakan instrument pengajaran yang berisi serangkaian kegiatan yang akan dilakukan guru di dalam kelas mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Instrumen terdiri dari SK, KD, indikator, alokasi waktu, materi, sumber bahan, bahan ajar, metode dan penilaian.
Berikut contoh RPP dalam pembelajaran Bahasa Arab:
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : 3 / 1
Standar Kompetensi   : 1. Mendengarkan
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu                         : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
 


MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar  : 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata atau kalimat tentang التعارف

II. Indikator                :
1.      Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
2.     Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar.
III. Materi Pokok        :
  1. Isim dlomir mufrod
  2. Kata tanya man dan hal.
  3. Pola kalimat :
  4. Mufrodat baru seperti:
أنا، أنتَ، أنتِ، هو، هى

IV. Langkah-langkah Pembelajaran     :

      A.  Kegiatan Awal            :
o   Appersepsi dan Absensi
o   Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o   Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan

      B.  Kegiatan Inti   :
o    Mendengarkan pelafalan kosa kata baru .
o    Drill pelafalan kosa kata.
o    Tanya jawab tentang kata atau kalimat yang didengar.

      C.  Kegiatan Akhir            :
o   Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi yang   sudah disampaikan
o   Memberikan Tugas latihan/PR
o   Doa/Penutup

V. Metode/Sumber Belajar :
     A.  Metode             : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
     B.  Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 3
  Model guru  

VI. Penilaian               :
Teknik             : Lisan
Bentuk            : Objektif
Instrumen        : Model guru

VII. Skor Penilaian     :



Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
·  Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
·  Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar
Lisan

Lisan

Obyektif

Obyektif

من انت؟

مِنْ اَيْنَ اَنْتَ؟

Mengetahui,
Kepalas Sekolah



……………………….
NIP.
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



……………………….
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : 3 / 1
Standar Kompetensi   : 2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu                         : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
 


BERBICARA

I. Kompensasi Dasar  : 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang التعارف

II. Indikator                :
1.       Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
2.       Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan dlomir dan namanya.
3.       Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
4.       Menjawab pertanyaan dengan tepat.
5.      Mendemonstrasikan materi hiwar
III. Materi Pokok        :
  1. Isim dlomir mufrod.
  2. Kata tanya man,min  dan hal.
  3. Teks hiwar seperti
- من أنتَ ؟
+ أنا أحمد
- من أنتِ ؟
 + أنا فاطمة
-  مِنْ اَيْنَ اَنْتَ؟
+ اَنَا مِنْ سُولُو



IV. Langkah-langkah Pembelajaran     :

      A.  Kegiatan Awal            :
o   Appersepsi dan Absensi
o   Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o   Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan

      B.  Kegiatan Inti   :
o    Melafalkan materi hiwar dengan tepat dan benar secara klasikal.
o    Melafalkan materi hiwar secara berpasangan

      C.  Kegiatan Akhir            :
o   Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi yang   sudah disampaikan
o   Memberikan Tugas latihan/PR
o   Doa/Penutup

V. Metode/Sumber Belajar :
     A.  Metode             : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
     B.  Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 5
  Model guru  

VI. Penilaian               :
Teknik             : Lisan
Bentuk            : Objektif
Instrumen        : Model guru

VII. Skor Penilaian     :



Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
·  Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
·  Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan dlomir dan namanya.
·  Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
·  Menjawab pertanyaan dengan tepat.
·  Mendemonstrasikan materi hiwar
Lisan

Lisan

Lisan

Lisan
Lisan

Obyektif

Obyektif

Obyektif

Obyektif
Obyektif

مَنْ اِسْمَكَ؟

اسمى مُحَمَّدٌ. انا تلميذ

مِنْ اَيْنَ اَنْتَ ؟
اَنَا مِنْ سُوْلُوْ

ماسمك؟ اسمي احمد
من هو؟ هو محمد

Mengetahui,
Kepalas Sekolah



……………………….
NIP.
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



……………………….
NIP.

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : 3 / 1
Standar Kompetensi   : 3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu                         : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
 


MEMBACA

I. Kompensasi Dasar  : 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعارف


II. Indikator                :
1.       Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
2.       Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
3.      Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
III. Materi Pokok        :
1.       Isim dlomir mufrod.
2.       Kata tanya man,min  dan hal.
3.       Teks bacaan :
من انت ؟ انا سالم
من انتِ ؟ انا سلمى
من اين انت ؟ انا من سولو
IV. Langkah-langkah Pembelajaran     :

      A.  Kegiatan Awal            :
o   Appersepsi dan Absensi
o   Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o   Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan

      B.  Kegiatan Inti   :
o   Mempraktekkan cara-cara melafalkan huruf arab seperti ta’ dan tho’.
o   Menirukan pelafalan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
o   Membaca secara individu teks bacaan secara bergantian.
      C.  Kegiatan Akhir            :
o   Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o   Melakukan tanya jawab tentang materi yang   sudah disampaikan
o   Memberikan Tugas latihan/PR
o   Doa/Penutup

V. Metode/Sumber Belajar :
     A.  Metode             : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
     B.  Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 6
  Model guru  

VI. Penilaian               :

Teknik             : Lisan dan tulis
Bentuk            : Objektif  dan non objektif
Instrumen        : Model guru dan portofolio

VII. Skor Penilaian     :



Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
·  Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca.
·  Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
·  Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
Lisan

Tulis

Lisan

Obyektif

Non objektif

Obyektif

من انت؟ انا سالم

من انتِ ؟ انا سلمى

من اين انت ؟ انا من سولو

Mengetahui,
Kepalas Sekolah



……………………….
NIP.
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



……………………….
NIP.

No comments:

Post a Comment