PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Rencana Pelaksanaan pembelajaran merupakan
instrument pengajaran yang berisi serangkaian kegiatan yang akan dilakukan guru
di dalam kelas mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran.
Instrumen terdiri dari SK, KD, indikator, alokasi waktu, materi, sumber bahan,
bahan ajar, metode dan penilaian.
Berikut contoh RPP dalam pembelajaran Bahasa Arab:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )

MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata
atau kalimat tentang التعارف
II. Indikator :
1.
Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
2.
Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar.
III. Materi Pokok :
- Isim dlomir mufrod
- Kata tanya man dan hal.
- Pola kalimat :
- Mufrodat baru seperti:
أنا، أنتَ، أنتِ، هو، هى
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Mendengarkan pelafalan kosa kata baru .
o
Drill pelafalan kosa kata.
o
Tanya jawab tentang kata atau kalimat yang didengar.
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Tanya jawab,
ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 3
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan
Bentuk : Objektif
Instrumen : Model guru
VII. Skor Penilaian :
![]() |
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Melafalkan kosa kata atau kalimat yang didengar.
· Menyebutkan kembali kata
atau kalimat yang didengar
|
Lisan
Lisan
|
Obyektif
Obyektif
|
من انت؟
مِنْ اَيْنَ اَنْتَ؟
|
Mengetahui,
Kepalas Sekolah
……………………….
NIP.
|
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
……………………….
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )

BERBICARA
I. Kompensasi Dasar :
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang التعارف
II. Indikator :
1.
Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang
tepat dan benar.
2.
Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan
dlomir dan namanya.
3.
Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
4.
Menjawab pertanyaan dengan tepat.
5.
Mendemonstrasikan materi hiwar
III. Materi Pokok :
- Isim dlomir mufrod.
- Kata tanya man,min dan hal.
- Teks hiwar seperti
- من أنتَ ؟
+ أنا أحمد
- من أنتِ ؟
+ أنا فاطمة
|
- مِنْ اَيْنَ اَنْتَ؟
+ اَنَا مِنْ سُولُو
|
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Melafalkan materi hiwar dengan tepat dan benar secara
klasikal.
o
Melafalkan materi hiwar secara berpasangan
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Tanya jawab,
ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 5
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan
Bentuk : Objektif
Instrumen : Model guru
VII. Skor Penilaian :
![]() |
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
· Melafalkan kosa kata dan
kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
·
Memperkenalkan diri atau temannya dengan menyebutkan
dlomir dan namanya.
·
Bertanya dengan menggunakan kata tanya man,min dan hal.
·
Menjawab pertanyaan dengan tepat.
· Mendemonstrasikan materi
hiwar
|
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
|
Obyektif
Obyektif
Obyektif
Obyektif
Obyektif
|
مَنْ اِسْمَكَ؟
اسمى مُحَمَّدٌ. انا
تلميذ
مِنْ اَيْنَ اَنْتَ ؟
اَنَا مِنْ سُوْلُوْ
ماسمك؟ اسمي احمد
من هو؟ هو محمد
|
Mengetahui,
Kepalas Sekolah
……………………….
NIP.
|
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
……………………….
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : 3 / 1
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan diri.
Waktu : 1 X Pertemuan ( 2 X
35 Menit )

MEMBACA
I. Kompensasi Dasar :
3.1 Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعارف
II. Indikator :
1.
Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai
dengan tanda baca.
2.
Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
3.
Menjawab pertanyaan (tanya jawab) tentang isi teks
III. Materi Pokok :
1.
Isim dlomir mufrod.
2.
Kata tanya man,min
dan hal.
3.
Teks bacaan :
من انت ؟ انا سالم
من انتِ ؟ انا سلمى
من اين انت ؟ انا من سولو
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
o
Appersepsi dan Absensi
o
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
o
Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan
B.
Kegiatan Inti :
o
Mempraktekkan cara-cara melafalkan huruf arab seperti ta’
dan tho’.
o
Menirukan pelafalan teks bacaan dengan benar dan tepat
sesuai dengan tanda baca.
o
Membaca secara individu teks bacaan secara bergantian.
C.
Kegiatan Akhir :
o
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
o
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
o
Memberikan Tugas latihan/PR
o
Doa/Penutup
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode :
Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
B.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab 3 karya Agus Wahyudi, materi halaman 6
Model
guru
VI. Penilaian :
Teknik : Lisan dan tulis
Bentuk : Objektif dan non
objektif
Instrumen : Model guru dan portofolio
VII. Skor Penilaian :
![]() |
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai
dengan tanda baca.
·
Mengidentifikasi makna kata atau kalimat dalam teks.
· Menjawab pertanyaan
(tanya jawab) tentang isi teks
|
Lisan
Tulis
Lisan
|
Obyektif
Non objektif
Obyektif
|
من انت؟ انا سالم
من انتِ ؟ انا سلمى
من اين انت ؟ انا من سولو
|
Mengetahui,
Kepalas Sekolah
……………………….
NIP.
|
……………………, 5 Juli 2016
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
……………………….
NIP.
|
No comments:
Post a Comment