PROGRAM TAHUNAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Prota memberikan gambaran perencanaan penyajian KD
satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran
efektif Bahasa Arab yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah
pekan efektif satu tahun x alokasi waktu
Bahsa Arab di struktur kurikulum (2 jam).
Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu.
Misalnya, minggu efektif semester 1 yang ada di madrasah 17 dan semester 2 juga 17. Jam efektif Bahsa
Arab satu semester sejumlah 17x2 = 34
jam. Berarti satu tahun sekolah
memiliki 68 jam efektif untuk mapel Bahasa Arab. Alokasi waktu sejumlah 34 jam
per semester tersebut diatur untuk pembelajaran semua KD yang
ada pada satu semester dan untuk
ulangan harian. Alokasi waktu tiap KD tergantung karakteristik dan cakupan KD.
Berikut contoh Program Tahunan
Bahasa Arab:
Program Tahunan
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Percontohan
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kelas : Tiga
(III)
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Satu
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام،
اسماء الشهور السلامية
|
2
|
1.2
|
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan
sederhana tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام،
اسماء الشهور السلامية
|
2
|
||
2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام،
اسماء الشهور السلامية
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang
التعارف،
الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
|
6
6
|
||
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan, alat-alat
madrasah, dan profesi
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف، الطعام و الشراب،
الايام، اسماء الشهور السلامية
|
6
|
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
التعارف، الطعام و الشراب،
الايام، اسماء الشهور السلامية
|
4
|
||
4.
Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
التعارف، الطعام
و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
من انتَ
\ من انتِ
هذا\هذه
– ذلك\تلك
|
4
|
|
4
|
||||
TOTAL JAM PELAJARAN SEMESTER 1
|
Mengetahui Sangatta, 5 Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran BA,
.................................
.........................................
NIP. NIP.
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Semester
2
|
5.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan
keluarga
|
5.1
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
التعارف 2، هوايتى، فى
البستان، الادوات المدرسية
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
التعارف 2، هوايتى، فى
البستان، الادوات المدرسية
|
2
|
|
2
|
||||
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang alamat, keluarga, dan
kehidupan keluarga
|
6.1 Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف 2، هوايتى، فى
البستان، الادوات المدرسية
6.2 Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان،
الادوات المدرسية
|
6
|
||
6
|
||||
7.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga,
dan kehidupan keluarga
|
7.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata,
kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان،
الادوات المدرسية
7.2 Menemukan makna, gagasan atau ide
wacana tertulis tentang
التعارف 2، هوايتى، فى
البستان، الادوات المدرسية
|
6
|
||
4
|
||||
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
8.1 Menyalin kata, kalimat dan menyusun
kata menjadi kalimat sempurna tentang
التعارف 2، هوايتى، فى
البستان، الادوات المدرسية
|
4
4
|
||
TOTAL JAM PELAJARAN SEMESTER 2
|
34 jp
|
|||
Mengetahui Sangatta, 5 Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran BA,
.................................
.........................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment