Wednesday, October 19, 2016

Program Tahunan (Prota) Pembelajaran Bahasa Arab



PROGRAM TAHUNAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Performed by Elfa

Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Bahasa Arab   yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Bahsa Arab di struktur kurikulum (2 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di madrasah 17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif Bahsa Arab   satu semester  sejumlah 17x2 =  34  jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 68 jam efektif untuk mapel Bahasa Arab. Alokasi waktu sejumlah  34 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian. Alokasi waktu tiap KD tergantung karakteristik dan cakupan KD.
Berikut contoh Program Tahunan Bahasa Arab:

Program Tahunan

Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan  : Sekolah Dasar Percontohan
Tahun Pelajaran       : 2016/2017
Kelas                           : Tiga (III)

SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
Satu
1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
 التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية  
2
1.2
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
 التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
2
2. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
2.1     Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
2.2     Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
6



6
3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,  alat-alat madrasah, dan profesi
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
6
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
4

4. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
4.1 
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
التعارف، الطعام و الشراب، الايام، اسماء الشهور السلامية
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi
من انتَ \ من انتِ
هذا\هذه – ذلك\تلك
4



4
TOTAL JAM PELAJARAN SEMESTER 1

Mengetahui                                                                Sangatta, 5 Juli 2016
            Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran BA,



            .................................                                                   .........................................
            NIP.                                                                             NIP.




SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
Semester 2
5. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog  tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang 
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية

2
2
6. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialog  tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
6.1     Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية
6.2      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية

6
6


7. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
7.1     Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية
7.2      Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية

6
4
8. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga

8.1      Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
التعارف 2، هوايتى، فى البستان، الادوات المدرسية

4


4





TOTAL JAM PELAJARAN SEMESTER 2
34 jp






Mengetahui                                                                Sangatta, 5 Juli 2016
            Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran BA,



            .................................                                                   .........................................
            NIP.                                                                             NIP.

No comments:

Post a Comment