PROGRAM PENGAJARAN BAHASA ARAB
KELAS 4
Dalam pengajaran bahasa Arab
biasanya disusun program pengajaran terlebih dahulu atau yang biasa dikenal
dengan silabus. Program pengajaran sangat berpengaruh terhadap kesuksesan
seorang guru dalam mengajar bahas Arab. Dengan adanya program pengajaran
seorang guru bisa memetakan kegiatan pengajaran beserta target yang akan
dicapai. Berikut contoh program pengajaran bahasa Arab untuk kelas 4 Sekolah
Dasar:
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang memperkenalkan
diri, alat-alat sekolah dan profesi
KOMPETENSI DASAR
1.1Mengidentifikasi bunyi huruf
hijaiyah dan ujaran kata atau kalimat tentang
التعريف بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
1.2Menemukan makna atau gagasan
dari wacana lisan sederhana tentang
التعريف
بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang memperkenalkan diri, alat-alat
sekolah dan profesi
KOMPETENSI DASAR
2.1Melakukan dialog sederhana
tentang
التعريف بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
2.2Menyampaikan informasi secara
lisan dalam kalimat sederhana tentang
التعريف
بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
STANDAR KOMPETENSI
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog tentang memperkenalkan diri, alat-alat sekolah dan
profesi
KOMPETENSI DASAR
3.1Melafalkan huruf hijaiyah,
kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعريف بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
3.2Manemukan makna, gagasan atau
ide wacana tertulis tentang
التعريف
بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
STANDAR KOMPETENSI
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan dan teks
fungsional pendek sederhana tentang memperkenalkan diri, alat-alat sekolah dan profesi
KOMPETENSI DASAR
4.1Menyalin kata, kalimat dan
menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
التعريف
بالنفس, الادواة المدراسية, المهنة
ALOKASI WAKTU
32 jam pelajaran (16
pertemuan)
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, anggota
keluarga dan keluarga di rumah
KOMPETENSI DASAR
5.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata atau
kalimat tentang
العنوان, افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
5.2 Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
العنوان,
افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, anggota keluarga dan
keluarga di rumah
KOMPETENSI DASAR
5.3 Melakukan dialog sederhana tentang
العنوان, افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
5.4 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana
tentang
العنوان,
افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
STANDAR KOMPETENSI
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog tentang alamat, anggota keluarga dan keluarga di
rumah
KOMPETENSI DASAR
5.5 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis
tentang
العنوان, افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
5.6 Manemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
العنوان,
افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
STANDAR KOMPETENSI
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan dan teks
fungsional pendek sederhana tentang alamat, anggota keluarga dan keluarga di
rumah
KOMPETENSI DASAR
5.7 Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat
sempurna tentang
العنوان, افراد الاسرة, الاسرة فى البيت
ALOKASI WAKTU
32 jam pelajaran (16 pertemuan)Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment